Mengungkap Strategi Pemasaran Kopi

Tapi kali ini saya tidak ingin berbagi topik tentang tips kopi ataupun manfaat kopi tapi saya ingin berbagi informasi strategi pemasaran kopi. Jangan Sebut Anda Pecinta Kopi Bila Belum Membaca Treat ini. 
Pasti tidak asing lagi kan tentang minuman yang satu ini.


Dengan segala jenis keistimewaan yang ditawarkan oleh produsen kopi sachet tersebut, ada baiknya anda juga mencoba mengetahui fakta sebenarnya tentang kopi. Jadi bila anda memang pencinta kopi, silakan baca ulasan di bawah ini.Banyak sekali masyarakat Indonesia yang tidak sadar bahwa negara kita tercinta, Indonesia adalah penghasil kopi terbesar no.4 di dunia ( Setelah Brazil, Vietnam dan Colombia).

Mengungkap Strategi Pemasaran Kopi (Treat Untuk Konsumen Cerdas).

Banyak yang tidak sadar pula bahwa biji kopi Indonesia yang berkualitas ( specialty ) diekspor keluar negeri. Dan banyak pula orang Indonesia yang tidak sadar bahwa kopi sachet yang sering mereka minum selama ini seperti : Kapal Kobong, Hari Baik, Kopi Putih, Tora Sudiro, dll. Kemungkinan besar berasal dari kopi yang berkualitas rendah.

Bahkan beberapa perusahaan kopi Sachet mencampurkan bahan asing bersatu bersama biji kopi. Seperti kopi Kapal Kobong yang mencampurkan bahan tepung jagung agar mendapatkan rasa yang gurih dan manis.

Kopi Sachet Indonesia Rata-rata Berkualitas Rendah

Percayakah anda, kopi sachet yang biasa agan biasa minum itu berasal dari kopi berkualitas rendah? Coba perhatikan baik-baik !

Harga normal biji kopi Robusta berkualitas baik, dan sudah disangrai, dijual di Indonesia berkisar seharga Rp 45.000 per 250 gram. Coba di bandingkan dengan Kapal Kobong..! Kalian bisa menebus 250 gram bubuk kopi Robusta Cap Kapal Kobong hanya dengan Rp 9000 (?).

Perbandingan yang cukup “Jomplang” kan?. Hampir mustahil kalau kopi sachetan itu berasal dari biji kopi yang berkualitas baik. Karena dari Modal Biji kopi Robusta berkualitas cukup baik yang sebelum di sangrai ( Green Bean ) seharga 50.000 per kilo. ( 50000/kilo : 1/4 = 12.500 ).

Jadi, butuh Rp 12.500 hanya untuk modal green bean nya saja, itu belum termasuk packaging, pemasaran, biaya sangrai, dll. Jelas rugi bila dijual dengan harga Rp 9.000 itu.

Perusahaan-Perusahaan kopi sachet pun mengakalinya dengan cara menggunakan biji berkualitas rendah atau bahkan menggunakan biji yang tidak lolos sortir ekspor (dibeberapa kasus pabrik lokal daerah) untuk menekan biaya produksinya.

Green Bean Kualitas Baik
Mengungkap Strategi Pemasaran Kopi (Treat Untuk Konsumen Cerdas).

Green Bean Kualitas Jelek
Mengungkap Strategi Pemasaran Kopi (Treat Untuk Konsumen Cerdas).



Kopi luwak = Rp 1.500…. Man ! You Gotta Be Kidding Me ! ?
Mengungkap Strategi Pemasaran Kopi (Treat Untuk Konsumen Cerdas).

Berbagai macam bahasa kimia yang membuat saya pusing. Untuk kopinya hanya tercantum ” gula dan kopi rendah asam = robusta ! ?

Lalu saya bertanya kepada teman saya yang seorang mahasiswa magister di salah satu sekolah bisnis ternama di indonesia, yang kebetulan sesama pecinta kopi. Dia memberitahu saya, kalau ” luwak wed ngopi itu, hanya nama produk dagang.” Mereka sama sekali tidak memakai biji luwak kopi pilihan. Itu hanya strategy marketing yang di namakan positioning. Karena pada tahun itu kopi luwak sedang ngetrend. Dan ini sangat membuat saya prihatin, orang awam pasti akan mengira ini kopi luwak asli, seperti kasus teman saya !

Dan sangat-sangat mustahil bila biji kopi luwak pilihan dijual seharga Rp 1.500 per sachet ! ?

Mengungkap Strategi Pemasaran Kopi (Treat Untuk Konsumen Cerdas).

Karena mungkin orang awam pun tahu kalau kopi luwak itu adalah salah satu produk dagang kopi termahal di dunia. Bahkan kopi luwak bisa di hargai $675 per kilo!. Atau sekitar 6,5 juta rupiah!.

Bila dibagi per sachet “luwak wed ngopi” @20gram ( 6.500.000/ 1 kilo : 20gram = 130.000 ). Jadi, untuk modal biji kopi luwaknya saja berkisar Rp 130.000 ! , Itu belum termasuk distribusi, packaging, iklan yang sangat gencar, dll.

Jadi bisa di pastikan masyarakat Indonesia dibodohi.



Conclusion

Cerdaskan bangsa ini dengan belajar untuk mengetahui penipuan-penipuan publik yang terjadi dinegara ini 

Kampoeng Arab

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

METODE PEMBAYARAN

METODE PEMBAYARAN