Ngopi Bulan Puasa, Problem ?


     Biasanya kita sebagai penikmat kopi, kebiasaan menikmati kopi di pagi atau siang hari merupakan hal yang lumrah dan sangat akrab. Kebiasaan minum kopi di pagi hari mungkin sulit untuk di hilangkan, lalu bagaimana minum kopi saat bulan puasa ? Sebagian orang ada yang mengganti waktu minum kopi menjadi saat waktu berbuka tiba,padahal cara ini di sarankan untuk di hindari. Oleh karena itu kami akan merangkup secara tuntas mengapa minum kopi dibulan puasa harus dikurangi (bukan dilarang) :



"Bos minum kopi dapat menyegarkan tubuh kok dikurangi ?"


     In fact, kopi mengandung kafein yang akan memicu gejala penyakit maag pada perut kosong setelah seharian berpuasa. Selain itu, kandungan kafein dalam kopi akan membuat jantung terasa berdebar jika langsung diminum pas berbuka puasa.




"Ga masalah bos minum kopi, kita butuh cairan untuk berpuasa"



     Benar sekali menjaga keseimbangan air dalam tubuh tidak kalah penting untuk meningkatkan fungsi tubuh termasuk menyalurkan nutrisi tersebut ke seluruh tubuh. Eitts tunggu dulu, jangan lupa bahwa kopi itu mengandung Kafein. Lalu ? Ya karena kafein merupakan zat yang dapat memicu buang air kecil,sehingga dikatakan minum kopi justru membuat tubuh semakin dehidrasi dan Kafein itu bekerja bertentangan dengan hormon antidiuretik yang bekerja mempertahankan cairan tubuh. Jadi, 1 sampai 3 jam setelah ngopi, pasti kepingin kencing.




"Tapi bos katanya minum kopi saat sahur dapat mengurangi rasa lapar ya ?"



     Iya, tapi kopi tidak mengandung kalori, kecuali jika dicampur gula. Nah, saat sahur itu dibutuhkan asupan kalori dan zat gizi lengkap dari makanan untuk bergiat sepanjang hari sampai datangnya waktu berbuka. Tentunya semua itu tidak dapat diperoleh hanya dengan minum kopi yang pada prinsipnya hanya memberi asupan sedikit kalori dari gula dan juga air.


"Lalu kapan sebaiknya minum kopi ? "




Saat berbuka


     Konsumsi secangkir kopi satu setengah - dua jam setelah makan berat saat berbuka. Dengan cara ini, tubuh akan memiliki lebih banyak waktu untuk menyesuaikan kadar glukosa darahnya. Apalagi, kopi juga akan berguna untuk menghindarkan dari mengantuk setelah berbuka agar tetap dapat menjalankan tarawih dan ibadah lainnya. Jangan lupa juga, Makanan ideal untuk berbuka puasa adalah dengan mengonsumsi 2-3 kurma. Ini akan memberimu kecukupan gula yang dibutuhkan tubuh dan juga otak.


Saat malam & Sahur



     Jika kita ingin menikmati kopi larut malam, cobalah mengonsumsi secangkir kopi tanpa kafein sebelum tidur. Ini masih memiliki antioksidan yang bermanfaat bagi tubuh.
Dan cobalah bangun minimal satu jam sebelum imsak. Kamu akan punya waktu yang lebih banyak mengonsumsi air putih untuk menyeimbangkan kadar kafein dalam tubuhmu. Ingat kan, kopi memiliki sifat deuretik yang dapat menyerap cairan di tubuh sehingga untuk menyeimbangkan keperluan cairan selama berpuasa, tubuhmu membutuhkan dua kali asupan cairan dibanding biasanya.


     Efek baiknya jika nutrisi yang masuk dalam tubuh seimbang, kita akan mendapat dorongan tenaga dari kopi yang juga meningkatkan tingkat kewaspadaan dan konsentrasi untuk tetap produktif menjalankan aktivitas seharian.






Shop everything arabian coffee: https://kampoengarab.com

Join the fun on our social channels:


Kampoeng Arab

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

METODE PEMBAYARAN

METODE PEMBAYARAN